enjoy it

Minggu, 28 Maret 2010

Beberapa Hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan Sistem Database

Dalam membangun suatu sistem database, sangat perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Flexibilitas Data (Data Flexibility)

Fleksibilitas data dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam menampilkan kembali data-data yang dipilih dan diperlukan dalam basis data dan mempresentasikannya dalam format-format yang berbeda-beda.

Integritas Data (Data Integrity)

Integritas data dimaksudkan adalah sebagai sarana untuk selalu meyakinkan bahwa nilai-nilai data dalam sistem basis data adalah benar, konsisten dan selalu tersedia.

Keamanan Data (Data Security)

Keamanan data diperlukan untuk melindungi data terhadap akses yang tidak legal oleh pihak-pihak yang tidak berwenang yang dimaksud merugikan atau bahkan merusak data dalam sistem basis data, atau dari kerusakan.

Independensi Data (Data Independence)

Independensi data (Data Independence) dimaksudkan ketidak ketergantungan data, yang dalam hal ini mempunyai dua dimensi, yaitu :

  • Dimensi fisik (Physical Data Independence).

Independensi data secara fisik pada dasarnya adalah bahwa deskripsi logik data, atau lebih dikenal sebagai schema, tidak mengalami ketergantungan pada perubahan-perubahan yang terjadi dalam teknik penyimpanan secara fisik. Artinya, bahwa cara-cara penyimpanan dari pengaksesan data dalam sistem basis data dapat diubah tanpa membutuhkan perubahan secara schema logik.

  • Dimensi Logik (Logical Data Independence).

Sedangkan yang dimaksudkan dengan independensi data secara logik adalah perubahan-perubahan kebutuhan user terhadap data dapat berubah, tetapi hal ini tidak terdapat perubahan atau dampak pada pandangan user terhadap basis data atau schema logiknya.

Mengurangi/Minimalisasi Kerangkapan Data (Reduced Data Redundancy)

Sasaran lain dari sistem manajemen basis data meminimalisasikan kerangkapan data. Hal ini diperlukan karena kerangkapan data menyebabkan tlmbulnya beberapa masalah didalam proses pengaksesan data. Kerangkapan data akan mengakibatkan penggunaan media penyimpanan (storage) secara sia-sia, waktu akses yang lebih lama dan akan menimbulkan masalah dalam integrates data. Namun demikian, dalam beberapa kasus, kerangkapan data tidak dapat dihindarkan lagi. Jika demikian yang dapat dilakukan adalah meminimalisasikan kerangkapan data tersebut.

Shareabilitas Data (Data Shareability)

Yang dimaksud dengan Shareabilitas Data adalah bahwa sistem basis data yang dikembangkan harus dapat digunakan oleh pemakai-pemakai yang berbeda atau grup-grup pemakai yang berbeda dapat menggunakan data yang sama dalam basis data.

Relatabilitas Data (Data Relatability)

Yang dimaksud dengan relatabilitas data adalah kemampuan untuk menetapkan hubungan logik antara tipe-tipe record yang berbeda (yang biasanya berbeda) dalam file-file yang berbeda. Relatabilitas data merupakan hal yang penting, karena sebagian besar informani yang diperlukan akan disusun dari berbagai file dalam sistem basis data yang masing-masing file mempunyai tipe record yang berbeda-beda.

Standarisasi Data (Data Standardization)

Yang dimaksud dengan standarisasi data adalah pendefinisian rinci data dalam batas presisi yang digunakan untuk menetapkan definisi Domain Data diantaranya definisi nama rinci data dan format penyimpanan data.

Produktivitas Personal (Personnel Productivity)

Yang dimaksud produktivitas personal adalah bahwa sistem manajemen basis data diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja setiap personal dalam beberapa hal. Kebutuhan data yang sederhana dapat segera dipenuhi dengan menggunakan suatu bahasa query yang dapat dioperasikan secara interaktif. Dalam beberapa kasus, pemakai dapat memenuhi sendiri kebutuhan datanya dengan menggunakan fasilitas query yang disediakan. Bahkan jika diperlukan maka laporan-laporan yang lebih akuratpun dapat diprogram dengan menggunakan suatu report generator. Hal ini akan dapat mengakibatkan penggunaan waktu yang jauh lebih sedikit daripada pembuatan laporan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman konvensional. Atau, pemakai juga akan mampu menciptakan sendiri lapoaran yang diperlukannya. Seandainya aplikasi-aplikasi baru ditambahkan pada sistem, data yang dibutuhkan aplikasi-aplikasi itu telah tersedia dalam basis data, sehingga dapat dipenuhi dengan cepat.

Tidak ada komentar: